Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Judul HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTERPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR SIMULASI DIGITAL PESERTA DIDIK KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK TARUNA TERPADU 1 KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR
Tahun 2018
Tanggal Input 18 Jul 2025, 15.17



Abstak

Della Damayanti
141101030971
Kecerdasan interpersonal sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran dikelas,
dengan kecerdasaan interpersonal yang tinggi seseorang lebih cepat beradaptasi
dengan lingkungannya sehingga hubungan sosial akan mudah terjalin dengan baik.
Rendahnya kecerdasan interpersonal dapat membuat peserta didik menjadi pasif,
cenderung acuh terhadap lingkungan sekitarnya, peserta didik kurang mampu
bekerja sama dengan peserta didik lain, interaksi dengan guru terjalin kurang baik,
dan ini menjadi salah satu penyebab hasil belajar peserta didik menjadi rendah.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kecerdasan interpersonal dan hasil
belajar simulasi digital peserta didik, (2) menguji kekuatan hubungan antara
kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar simulasi digital, (3) menguji
signifikansi hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar
simulasi digital, dan (4) menguji besar sumbangan kecerdasan interpersonal
terhadap hasil belajar simulasi digital. Penelitian ini merupakan penelitian
korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X Teknik
Kendaraan Ringan SMK Taruna Terpadu 1 kemang bogor sebanyak 185 orang.
ukuran sampel penelitian sebanyak 65 orang ditentukan dengan rumus Slovin,
selanjutnya sampel setiap kelas ditentukan dengan teknik data dikumpulkan
dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecerdasan interpersonal sebagian besar
peserta didik (87.69%) termasuk kategori cukup dan hasil belajar simulasi digital
sebagian peserta didik (83.08%) termasuk kategori cukup, (2) kekuatan hubungan
antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar simulasi digital sebesar 0.392
berada dalam kategori rendah, (3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan
anatara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar simulasi digital (r: 0.392, ?:
0.001); (4) sumbangan variable kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar
simulasi digital peserta didik sebesar 15,3%.
Kata kunci : kecerdasan interpersonal, dan hasil belajar simulasi digital


Preview