Abstak
Fitri Amalia
181105010232
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) Implementasi Pembiasaan Tadarus Al
Qur’an dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik kelas VIII MTs Al-Ahsan
Bogor. (2) Dampak Implementasi Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an dalam Pembentukan
Karakter Religius Peserta Didik Kelas VIII MTs Al-Ahsan Bogor. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dilaksanakan sejak 1 Juni
2022 sampai 20 juli 2022. Adapun lokasi penelitian yaitu di MTs Al-Ahsan Bogor.
Dalam prosedur pengumpulan data penulis menggunakan Teknik observasi, teknik
wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data peneliti
menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) Implementasi pembiasaan tadarus Al
Qur’an dilaksanakan sebelum proses pembelajaran dimulai, setiap hari kecuali dihari
senin karena terdapat kegiatan upacara bendera, tempat tadarus Al-Qur’an dilaksanakan
di masjid, pada pukul 07:00 sampai dengan pukul 07:15, kegiatan tadarus Al-Qur’an
dilaksanakan sejak awal berdiri MTs Al-Ahsan, adapun latar belakang dan tujuan
pembiasaan tadarus Al-Qur’an yaitu memberikan pendidikan agama yang khusus dan
juga sebagai perogram unggulan yang menjadi ciri khas sekolah dalam memberikan
pembiasan yang positif terhadap peserta didik. (2) Dampak implementasi pembiasaan
tadarus Al-Qur’an dalam pembentukan karakter religius peserta didik kelas VIII MTs Al
Ahsan Bogor yaitu: Taat pada Allah yakni peserta didik memiliki akhlakul karimah
terhadap guru dengan menerapkan 5S (salam, senyum, sapa, sopan, santun). Sabar yakni
dapat mengontrol emosi pada saat proses belajar. Ikhlas yakni tulus melaksanakan
pembiasaan tadarus Al-Qur’an karena Allah SWT. Jujur yakni saat mengerjakan ujian
peserta didik mengerjakan secara mandiri dan tidak mencontek.
Kata kunci: Pembiasaan, Tadarus Al-Qur’an, Karakter Religius