Abstak
Suimah Herniawati
131104090691
Ilmu tasawuf sudah sering dipakai sebagai solusi alternatif dalam berbagai
penelitian untuk menyelesaikan pangkal kerusakan moral bangsa saat ini. Ternyata
lembaga pendidikan islam (pesantren) yang khas berasal dari bumi Nusantara sudah
menerapkan nilai-nilai konsep tasawuf sejak dulu. Tujuan penelitian dalam skripsi
ini untuk mendeskripsikan model implementasi konsep tasawuf dalam
mengembangkan pendidikan karakter, menemukan relevansinya dengan tujuan
pendidikan karakter nasional, dan menemukan nilai-nilai pendidikan karakter
nasional dalam konsep Tasawuf di Pondok Pesantren Al-ghazaly Bogor. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Konsep Tasawuf dalam Pendidikan
Karakter yakni dengan menerapkan metode Tazkiyatun Nafs, melalui tahap
Takhalli, Tahalli, dan Tajalli, materi pelaksanaannya berupa seni mengolah hati,
dan bertujuan untuk mensucikan hati serta menyaksikan Allah melalui dzikir,
taffakur, dan internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah. Konsep Tasawuf yang
diimplementasikan oleh Ponpes al-Ghazaly Bogor bercorak Tasawuf Teosufi, yang
menerapkan metode tazkiyatun nafs pada kegiatan harian santri/wati melalui dzikir
bertujuan akhir pada level Mahabbah (Cinta pada Allah) serta menerapkan makna
filosofis dari pengajian kitab tasawuf Al-hikam pada acara kebangsaan “Festival
Cinta tanah Air”. Maka konsep tasawuf yang diimplementasikan oleh Ponpes Al
ghazaly sangat relevan dengan tujuan pendidikan karakter nasional yang
menerapkan poin pertama; cinta kepada Allah dan semesta beserta isinya. Nilai
nilai pendidikan karakter nasional dalam konsep Tasawuf di Pesantren Al Ghazaly
Bogor adalah Religius, jujur, toleransi, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air.
Kata Kunci: Tasawuf, Pendidikan, Karakter.