Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
Judul HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM TUNAS MEKAR KELURAHAN SINDANGSARI KECAMATAN BOGOR TIMUR KOTA BOGOR
Tahun 2017
Tanggal Input 03 Jul 2025, 14.36



Abstak

ABSTRAK
WIWIT WIDAWATI NPM : 131101021358, dengan judul: “HUBUNGAN
ANTARA KOMPETENSI KEPRIBADIAN TUTOR DENGAN MOTIVASI
BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM WARGA BELAJAR PAKET C
(penelitian Kuantitatif, Di PKBM TUNAS MEKAR KELURAHAN
SINDANGSARI KECAMATAN BOGOR TIMUR KOTA BOGOR, 2017)”.
Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data sebagai jawaban dari
perumusan masalah:”adakah hubungan antara kompetensi kepribadian tutor
dengan motivasi belajar pendidikan agama islam warga belajar paket C di PKBM
Tunas Mekar Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor ?”
dengan pembatasan masalahnya adalah adanya variabel kompetensi kepribadian
tutor dan adanya motivasi belajar pendidikan agama islam warga belajar paket C,
serta hubungan yang terjadi diantara keduanya yaitu antara variabel kompetensi
kepribadian tutor (variabel X) dan motivasi belajar pendidikan agama islam warga
belajar paket C (variabel Y). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret
Agustus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Prosedur
pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket kepada warga belajar paket
C sebanyak 45 orang sebagai respondennya. Teknik analisis data instrumen
menggunakan skala likert dan teknik analisis penelitian menggunakan korelasi
product moment. Temuan hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan
dengan kategori SANGAT KUAT sebesar 0,89 antara kompetensi kepribadian
tutor dengan motivasi belajar pendidikan agama islam warga belajar Paket C (di
PKBM Tunas Mekar Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur Kota
Bogor, 2017), artinya penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha)
diterima, artinya interpretasi tingkat hubungan sangat kuat yaitu kompetensi
kepribadian tutor sangat mempengaruhi motivasi belajar pendidikan agama islam
warga belajar paket C. Hasil tersebut dibuktikan oleh nilai rhitung sebesar 0,89 yang
berada pada interval 0,80-1,00 dengan kategori SANGAT KUAT, hal ini
diketahui dari nilai rhitung = 0,89 dan lebih besar dari rtabel 0,29 (0,89 > 0,29),
nilai thitung lebih besar dari ttabel (12,93 > 2,01) yang menyatakan bahwa penelitian
ini menolak Ho dan menerima H1 yaitu terdapat hubungan antara variabel X
(Kompetensi kepribadian tutor) dengan variabel Y (motivasi belajar pendidikan
agama islam warga belajar paket C) serta kontribusi hubungan antara Kompetensi
kepribadian tutor dengan motivasi belajar pendidikan agama islam warga belajar
paket C sebesar 79 % terlihat dari perhitungan koefisien determinasi (KD).
Kata kunci
agama Islam.
: Kompetensi Kepribadian Tutor, Motivasi belajar pendidikan


Preview