Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MONTESSORI DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN DI PAUD NURUL AMAL BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 13.44



Abstak

Jehan Jibrani Arrauf
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang guru terapkan
untuk anak usia dini dalam memahami pendidikan agama Islam tidak hanya bisa
satu macam metode mesti ditambah dengan metode yang lain yakni metode
pembelajaran montessori. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
penggunaan metode pembelajaran Islamic Montessori dan adakah pengaruh
metode pembelajaran Islamic Montessori dalam meningkatkan nilai-nilai
pendidikan agama Islam pada anak usia dini 4-5 tahun di Paud Nurul Amal
Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan study
lapangan. Peneliti menggunakan teknik sampling jenuh, sebab jumlah populasi
yang relative kecil. Sehingga pada penelitian ini populasi dan sampel jenuh yang
digunakan seluruh guru di Paud Nurul Amal yakni berjumlah 6 responden.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang telah
divalidasi sebelumnya. Kuisioner digunakan untuk mengukur pengaruh metode
pembelajaran montessori dalam meningkatkan nilai-nilai pendidikan agama Islam.
Data yang terkumpul sudah valid dan reliabel, data dianalisis menggunakan
pengujian normalitas, uji hipotesis dan uji signifikansi untuk me pengaruh metode
pembelajaran montessori terhadap nilai-nilai Pendidikan agama Islam pada anak
usia dini 4-5 tahun di Paud Nurul Amal Bogor. Berdasarkan hasil penelitian telah
dilakukan perhitungan dan diketahui hasil analisa uji hipotesis menunjukkan
bahwa adanya pengaruh positif juga signifikan antara variabel X terhadap variabel
Y. Dilihat pada nilai yang diperoleh sebesar 0,029 > 0,05. Dengan demikian,
penggunaan metode pembelajaran montessori mempunyai pengaruh terhadap
meningkatnya nilai-nilai pai anak usia dini di paud nurul amal Bogor.
Kata Kunci: Montessori, Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini