Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PROGRAM PONDOK PESANTREN DALAM MEMBINA KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) SANTRI
Tahun 2021
Tanggal Input 02 Jul 2025, 14.18



Abstak

Putri An Ukhrija Rizky, 161104090091, Program Pondok Pesantren Dalam
Membina Kecakapan Hidup (Life Skill) Santri (Studi Kasus di Pondok
Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul) Tahun 2020, Skripsi: Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, UIKA Bogor.
Peran Lembaga Pendidikan sangat berpengaruh dalam hal terwujudnya manusia
manusia yang berkualitas, terutama dalam mempersiapkan peserta didik untuk
berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh, kreatif, mandiri, dan
profesional pada bidangnya masing-masing. Lembaga pendidikan Pondok
Pesantren juga mempunyai peran yang sangat menentukan bagi perkembangan
suatu bangsa. Pondok Pesantren memiliki tugas yang tak kalah pentingnya yaitu
membekali para santrinya dengan keahlian-keahlian di luar bidang keagamaan. Ini
patut dilakukan karena keahlian-keahlian di luar keagamaan tak kalah jauh
bermanfaatnya ketika mereka telah lulus dan terjun di tengah-tengah masyarakat.
Salah satu problematika yang dihadapi oleh sebuah lembaga Islam seperti pondok
pesantren adalah minimnya pengetahuan akan kebutuhan dunia kerja, yang mana
hal ini justru berimbas pada timbulnya jumlah pengangguran yang semakin
meningkat. Pondok pesantren perlu berupaya dengan cara pendekatan antara dunia
pendidikan dengan dunia kerja. Ini sangat penting guna dapat menghasilkan lulusan
sebagai muslim yang dapat dan mampu bersaing di dunia kerja yang siap di segala
bidang termasuk tenaga terampil atau mampu berusaha sendiri. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan program-program pembinaan kecakapan hidup
(Life Skill) santri di Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul Tahun 2020.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan format Deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian untuk mengecek dan memeriksa data dari berbagai teknik pengumpulan
data dan sumber data dengan menggunakan tringulasi data. Hasil dari penelitian ini
adalah upaya Pondok Pesantren Modern Ar-Ridho Sentul dalam membentuk
kemandirian santri yaitu dengan cara memberikan tugas-tugas yang bisa
membentuk life skill mereka, serta melibatkan mereka dalam mengurus kegiatan
pondok. Program-program pendidikan kecakapan hidup di Pondok Pesantren
Modern Ar-Ridho Sentul dalam hal Kecakapan personal meliputi pengajian rutin,
muhadhoroh, kursus mahir tingkat dasar, perjusami, dan public speaking.
Kecakapan Sosial meliputi organisasi pelajar pondok Ar-Ridho, jum’at bersih,
panggung gembira, dan Ar-Ridho Olympiad. Kecakapan Akademik meliputi
program kurikulum KMI, dan program bahasa asing. Kecakapan vocasional
meliputi kegiatan ekstrakulikuler, unit usaha pondok, dan pengelolaan kebun dan
sawah. Adapun kendala yang dihadapi yaitu keterbatasan dalam sumber tenaga
manusia yang berkompeten dalam penyelenggaraan life skill.
Kata Kunci : Program, Membina Kecakapan Hidup Life Skill, Pesantren


Preview