Abstak
ABSTRAK
ix
STRATEGI PENJUALAN PRODUK IB HASANAH CARD MELALUI PROMOTION
MIX DAN KESESUAIANNYA DALAM SISTEM EKONOMI ISLAM PADA BNI
SYARIAH CABANG BOGOR
Annisa Cahyani
161104080014
Dalam beberapa tahun ini perbankan syariah mengalami pertumbuhan positif di setiap
tahunnya. Seperti kondisi ini, bank konvensional telah menghadapi pesaing baru. Dengan
hadirnya kartu kredit syariah yang merupakan produk pembiayaan iB Hasanah card produk
dari BNI Syariah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi penjualan
produk iB Hasanah card melalui promotion mix dan bagaimana kesesuaiannya dalam sistem
ekonomi Islam pada BNI Syariah Cabang Bogor. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui bagaimana strategi penjualan produk iB Hasanah card melalui promotion mix dan
bagaimana kesesuaiannya dalam sistem ekonomi Islam pada BNI Syariah Cabang Bogor.
Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder, selain itu metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian strategi penjualan produk iB Hasanah card yang
dilakukan di BNI Syariah Cabang Bogor menggunakan strategi yang terdiri dari komponen
promotion mix dengan setiap elemen yaitu advertising, sales promotion, publicity, personal
selling, dan direct marketing. Setiap elemen promotion mix ini tidak dapat dipisahkan satu
sama lain, saling terkait. Strategi promotion mix tersebut telah memberikan kekuatan bagi
BNI Syariah Cabang Bogor untuk bersaing di dunia lembaga keuangan syariah yang semakin
tumbuh tinggi pesaingnya. Hasil analisis dari penelitian, BNI Syariah berusaha untuk selalu
menerapkan prinsip syariah dalam menjalankan produk iB Hasanah card. Berdasarkan data
tersebut, dikatakan bahwa produk iB Hasanah card sudah sesuai dengan prinsip syariah yang
mengacu pada Fatwa DSN No.54/DSN-MUI/X/2006 tentang syariah card.
Kata Kunci: iB hasanah card, promotion mix, sistem ekonomi Islam
ABSTRACT
x
HASANAH CARD iB PRODUCT SALES STRATEGY THROUGH PROMOTION
MIX AND ITS COMPATIBILITY IN ISLAMIC ECONOMIC SYSTEMS IN BNI
SYARIAH BRANCH OF BOGOR
Annisa Cahyani
161104080014
In recent years, Islamic banking has experienced positive growth every year. Like this
condition, conventional banks have faced new competitors. With the presence of sharia credit
cards which are financing products iB Hasanah card products from BNI Syariah. The problem in
this research is how the iB Hasanah card product sales strategy through the promotion mix and
how it fits in the Islamic economic system at BNI Syariah Bogor Branch. The purpose of this
study was to determine how the iB Hasanah card product sales strategy through the promotion
mix and how it fits in the Islamic economic system at BNI Syariah Bogor Branch. The research
method used in the preparation of this study uses descriptive qualitative methods using primary
and secondary data, in addition to the data collection methods in this study using the method of
observation, interviews, and documentation. Based on the research results of the iB Hasanah card
product sales strategy conducted at BNI Syariah Bogor Branch using a strategy consisting of a
promotion mix component with each element, namely advertising, sales promotion, publicity,
personal selling, and direct marketing. Each element of the promotion mix is inseparable,
interrelated. The promotion mix strategy has given strength to BNI Syariah Bogor Branch to
compete in the world of Islamic financial institutions which are increasingly growing in
competition. The results of the analysis of the study, BNI Syariah strives to always apply the
principles of sharia in running iB Hasanah card products. Based on these data, it is said that the
iB Hasanah card product is in conformity with sharia principles that refer to Fatwa DSN
No.54/DSN-MUI/X/2006 concerning sharia cards.
Keywords: iB hasanah card, promotion mix, Islamic economic system