Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS XI-7 DI MAN 1 KOTA BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 31 Jul 2025, 10.50



Abstak

Ulvia Zahra, 211105010280

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Peer
Teaching dalam meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di
kelas XI-7 MAN 1 Kota Bogor. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya
keaktifan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits akibat penggunaan metode
konvensional yang kurang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan dari penelitian ini
adalah (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Peer Teaching pada
mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas XI-7 MAN 1 Kota Bogor, (2) untuk
meningkatkan keaktifan siswa melalui model pembelajaran Peer Teaching pada mata
pelajaran Al-Qur’an Hadits, (3) untuk menganalisis dampak penerapan model
pembelajaran Peer Teaching terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an
Hadits. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri
dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Peer Teaching dapat
meningkatkan keaktifan siswa secara signifikan, baik dalam hal bertanya, berdiskusi,
maupun menyampaikan pendapat selama proses pembelajaran berlangsung. Keaktifan
siswa meningkat dari siklus I ke siklus II setelah dilakukan perbaikan strategi pelaksanaan.
Dengan demikian, model pembelajaran Peer Teaching terbukti efektif dalam menciptakan
suasana belajar yang lebih interaktif, kolaboratif dan bermakna pada mata pelajaran Al
Qur’an Hadits.
Kata Kunci: Peer Teaching, Keaktifan Siswa, Al-Qur’an Hadits, Pembelajaran