Abstak
Aizha Nururrahma 201105040028, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi
Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking BTN Syariah (Studi nasabah
BTN Syariah di JABODETABEK)
Teknologi berperan dalam menunjang daya saing setiap perusahaan, salah satunya
bagi dunia perbankan salah satunya dengan hadirnya Mobile banking sebagai
platform teknologi yang memberi akses bagi nasabah melakukan berbagai
transaksi keuangannya secara mandiri. Melalui Mobile Banking, nasabah dapat
melakukan transaksi non-cash seperti melihat informasi saldo, rincian transaksi,
transfer antar rekening, pembayaran telepon, dan masih banyak lagi. Namun
masih banyak masyarakat yang masih khawatir dengan penggunaan mobile
banking, oleh karena itu perbankan harus berusaha memberikan kenudahan,
keamanan serta citra yang kepada Nasabah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh Religiusitas, Kemudahan, Manfaat, Keamanan, dan
brand image terhadap minat menggunakan mobile banking BTN Syariah.
Populasi dalam penelitian ini adalah Nasabah BTN Syariah yang berada di
wilayah Jabodetabek. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 180 responden.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data
menggunakan metode Partial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS 4.0.
Penelitian ini menunjukan bahwa Religiusitas, Kemudahan, Keamanan, Brand
image berpengaruh signifikan dan positif terhadap Minat menggunakan mobile
banking BTN Syariah. Sedangkan Manfaat tidak berpengaruh signifikan dan
positif terhadap Minat menggunakan mobile banking BTN Syariah.
Kata Kunci : Minat, Mobile banking, Teknologi