Abstak
ABSTRAK
Rani Saidah. NIM. 151101020862. Evaluasi Pembelajaran Kesetaraan Paket C
Dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan Di PKBM Citra Pakuan Ciheuleut Kota
Bogor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Masyarakat. FKIP Universitas Ibn
Khaldun Bogor. 2019.
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran Kesetaraan
Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan
evaluasi pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor. 3)
Untuk mengetahui faktor-faktor mendukung dan menghambat peningkatan
kualitas lulusan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif analisis adalah metode
penelitian yang menggambarkan secermat mungkin tentang beberapa
kemungkinan untuk memecahkan masalah yang aktual dengan jalan
mengumpulkan data, menyusun atau mengklarifikasikannya. Hasil penelitian ini
adalah evaluasi pembelajaran Kesetaraan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor
telah dilakukan dengan baik berdasarkan keberhasilan evaluasi dan dipengaruhi
oleh keberhasilan evaluator dalam melaksanakan prosedur evaluasi. Prosedur
yang dimaksud ialah langkah-langkah pokok yang harus ditempuh dalam kegiatan
evaluasi. Peningkatan kualitas lulusan Kesetaraan Paket C di PKBM Citra Pakuan
Bogor bertujuan untuk meningkatkan kualitas lulusan warga belajar yang
mencakup aspek kecakapan personal, kecakapan sosial, kecakapan intelektual,
dan kecakapan vokasional Faktor-faktor mendukung dan menghambat
peningkatan kualitas lulusan Paket C di PKBM Citra Pakuan Bogor dipengaruhi
oleh adanya beberapa faktor pendukung dan tidak terlepas juga adanya faktor
penghambat. Faktor pendukung yang ditemukan antara lain: (1) Dukungan dari
Dinas Pendidikan Kota Bogor, (2) Dukungan dari masyarakat sekitar, (3)
Popularitas lembaga, (4) Kepercayaan lembaga mitra, (5) Komitmen Pengelola,
(6) Fasilitas yang memadai, (7) Motivasi belajar yang tinggi, (8) Adanya program
pengembangan unit usaha sebagai bentuk lapangan pekerjaan bagi warga belajar
dan (9) Keikutsertaan pengelola dalam diklat dan workshop. Sedangkan faktor
yang menjadikan hambatan pengelolaan adalah dari hal pendanaan dan konsep
belajar warga belajar tentang pendidikan sepanjang hayat yang masih kurang.
Sedangkan faktor yang menjadikan hambatan adalah (1)
Faktor ekonomi, (2)
Warga belajar yang bermalas-malasan, (3) Masalah cuaca yang kurang
bersahabat, (4) Kondisi lingkungan, dan (5) Faktor keluarga.
Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Paket C, Kualitas Lulusan