Abstak
ABSTRAK
Rahayu Afifah, NPM :151101020864, “Hubungan Antara Sistem penilaian Hasil
Belajar Dengan Kemampuan Komunikasi dalam Keluarga Peserta Didik
Sekolah Ibu Kelurahan Sindangsari kecamatan Bogor Timur Kota Bogor”.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Hubungan Antara Sistem
Penialaian Hasil Belajar Dengan Kemampuan Komunikasi Dalam Keluarga Peserta
Didik Program Sekolah Ibu Di Kelurahan Sindangsari Kecamatan Bogor Timur Kota
Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang: 1)
sistem penilaian hasil belajar peserta didik pada sekolah ibu, 2) kemampuan
komunikasi dalam keluarga peserta didik, 3) hubungan antara system penilaian hasil
belajar dengan kemampuan komunikasi dalam keluarga peserta didik sekolah ibu
Kelurahan sindangsari Kecamatan Bogor Timur Kota Bogor. Dalam metode
penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan
alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan studi pustaka
dengan perhitungan korelasi product moment. Populasi dalam penelitian ini adalah
peserta didik sekolah ibu yang berjumlah 120 orang peserta didik. Diangkat sebagai
sampel sebanyak 30 orang (25%) peserta didik. Hasil pengujian hipotesis, terdapat
hubungan yang signifikan antara sistem penilaian hasil belajar dengan kemampuan
komunikasi dalam keluarga peserta didik. Hal ini dapat diperoleh hasil uji rhitung 0,692
> rtabel 0,361 dengan taraf signifikan 0,05 uji dua pihak dan dk= n-2 = 30-2=28
menunjukan bahwa hipotesis alternative (H1) diterima. Dari penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara sistem penilaian hasil belajar dengan
kemampuan komunikasi dalam keluarga dengan derajat yang kuat/tinggi.
Kata kunci : Sistem Penilaian Hasil Belajar, Komunikasi Dalam Keluarga,
Sekolah Ibu