Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH KETEPATAN GURU DALAM MELAKSANAKAN RPP TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 1 KABUPATEN BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 11.46



Abstak

Fitri Widyasari. 191105010249. Pengaruh Ketepatan Guru Dalam
Melaksanakan RPP Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Aqidah Akhlak Di MAN 1 Kabupaten Bogor. Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas
Ibn Khaldun Bogor. Skripsi. 2023.
Materi aqidah akhlak adalah salah satu materi yang diajarkan di MAN 1
Kabupaten Bogor yang berisi tentang ketuhanan dan sikap perilaku. Materi
ini sangat penting untuk diajarkan pada peserta didik agar mereka bisa
mengenal Tuhannya dan mampu berinteraksi dengan baik terhadap
manusia. Karena pentingnya materi aqidah akhlak di MAN 1 Kabupaten
Bogor maka diharapkan guru dapat mengajar dengan baik dan sesuai
dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan guru dalam
melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran aqidah akhlak, dan pengaruh ketepatan guru
dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil
belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 1
Kabupaten Bogor. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan pendekatan studi lapangan. Sampel dalam
penelitian ini adalah 159 orang peserta didik kelas X MIPA di MAN 1
Kabupaten Bogor yang ditentukan menggunakan teknik probabilitas
dengan simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
ketepatan guru dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran
dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak termasuk
pada kategori cukup baik. Kemudian, terkait pengaruh ketepatan guru
dalam melaksanakan rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap hasil
belajar peserta didik dilihat dari Pearson Correlation, hasilnya adalah nilai
koefisien korelasi kedua variabel itu sebesar 0,706. Sehingga dari hipotesis
yang dinyatakan oleh peneliti diperoleh hasil bahwa Ha diterima dan H0
ditolak. Dengan kata lain, semakin tepat guru dalam melaksanakan rencana
pelaksanaan pembelajaran maka hasil belajar peserta didik akan semakin
baik. Hal tersebut juga dapat dilihat dari nilai signifikansi yang diperoleh
yaitu 0,000 < 0,05.
Kata Kunci: Aqidah Akhlak; Hasil Belajar; Ketepatan Guru