Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII MTS ASH-SHIDIQIYAH DESA NAMBO KLAPANUNGGAL, KABUPATEN BOGOR
Tahun 2024
Tanggal Input 26 May 2025, 10.51



Abstak

ABSTRAK
JAHRA WALIA SABILA. (NPM. 201105010064): Pengaruh Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Siswa Kelas VII MTs Ash-Shidiqiyah
Desa Nambo Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Dosen Pembimbing: SUHENDRA
(Pembimbing Utama), NONENG SITI ROSIDAH (Pembimbing Pendamping). Program
Studi PAI, Fakultas Agama Islam, UIKA Bogor, 2024.
Pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan kegiatan belajar mengajar yang
memiliki tujuan menjadikan siswa insan kamil (manusia yang sempurna) yang memiliki
akhlak yang mulia dan bertakwa kepada Allah. Akhlak siswa dapat terbentuk dengan baik
dan mulia melalui pembelajaran pendidikan agama Islam.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VII MTs Ash-Shidiqiyah. (2) Untuk mengetahui bagaimana
akhlak siswa kelas VII MTs Ash-Shidiqiyah. (3) Untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VII MTs Ash
Shidiqiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Responden
penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ash-Shidiqiyah dengan populasi berjumlah 119
siswa sehingga sampel yang diambil berjumlah 95 siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran pendidikan agama Islam
kelas VII MTs Ash-Shidiqiyah memasuki kategori sangat baik yaitu 86,1%, yang
dibuktikan kategori sangat baik ditunjukkan dalam kegiatan pengajaran dan pembimbing
guru saat menyampaikan materi dengan mudah dipahami, guru memberikan nasihat dan
contoh teladan yang baik. Siswa taat dan patuh dalam kegiatan belajar dan dapat mengikuti
nasihat guru. (2) Akhlak siswa kelas VII MTs Ash-Shidiqiyah memasuki kategori sangat
baik yaitu 86,7% yang dibuktikan dari segi akhlak kepada guru, siswa sudah menerapkan
bersikap sopan santun. Selain itu dari segi akhlak kepada teman, siswa menerapkan
perilaku saling tolog menolong, saling memberikan nasihat dan saling menyapa. (3)
terdapat pengaruh pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VII
MTs Ash-Shidiqiyah sebesar 51,1% sementara sisanya sebesar 48,9% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji hipotesis dengan nilai signifikan
0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Akhlak


Preview