Abstak
ABSTRAK
Dengan melihat kondisi jalur pedestrian yang terdapat pada ruas Jl. Sholeh Iskandar
titik pusat pada Halte UIKA dan Halte Tugu Narkoba 2, serta Jl. KH. R. Abdullah
bin nuh titik pusat pada Terminal Bubulak, Shelter Ruko Yasmin dan Shelter Radar
Bogor. penulis mengamati, menganalisa, mengevaluasi keberfungsian jalur
pedestrian sebagai salah satu akses pendukung bagi pengguna angkutan umum.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini, antara lain untuk
menganalisis kondisi eksisting, perhitungan tingkat pelayanan pejalan kaki, serta
menganalisis presepsi para pengguna jalur. Pada penelitian ini peneliti menganalisis
tingkat pelayanan pejalan kaki mengacu kepada pedoman teknis perencanaan,1991
dan menghasilkan Level of service (LOS) untuk kinerja fasilitas pejalan kaki. Serta
pembagian kuesioner untuk presepsi menurut responden dengan perhitungan skala
likert dan metode penghitungan menggunakan software SPSS 2016. Dari hasil
analisis yang diperoleh berdasarkan perhitungan Level Of Service tingkat kinerja
pelayanan pejalan kaki di ruas tersebut pada 5 lokasi jalur pedestrian memiliki
tingkat pelayanan yang sama, yaitu Tingkat pelayanan A. berdasarkan hasil
penyebaran kuesioner pada lima titik lokasi penelitian terdapat faktor penyebab
ketidak nyamanan menurut responden yang paling banyak dan memerlukan
perhatian khusus pada ketegori, Kelengkapan fasilitas pendukung kenyamanan
yaitu Akses informasi secara langsung, Papan informasi, Petunjuk arah,
Kelengkapan fasilitas pendukung penyebrangan (zebra cross), Rambu-rambu,
Media informasi. Sehingga perlunya perbaikan dan peningkatan infrasruktur
fasilitas pendukung untuk memudahkan para pengguna fasilitas pedesrian, agar
nyaman dan efisien, guna mengalihkan masyarakat dari kendaraan pribadi ke
angkutan umum.
Kata kunci: Tingkat pelayanan, Jalur Pedestrian, Level of Service