Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS ILMU KESEHATAN
Program Studi KESEHATAN MASYARAKAT
Judul HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP CITRA DI RUMAH SAKIT X KOTA BOGOR TAHUN 2022
Tahun 2022
Tanggal Input 05 Aug 2025, 13.22



Abstak

Maharani Mahdiyah Safira
181107010770
Rumah sakit merupakan salah satu pelayanan publik kesehatan yang pastinya memiliki citra di mata masyarakat. Berdasarkan dari data survei kepuasan yang dilakukan oleh RS X Kota Bogor, RS ini mendapatkan nilai dengan skala 3,66-3,73 yang berarti apabila dikonversi berdasarkan table dengan nilai intevalnya 3,064-3,532 maka memiliki nilai konversinya adalah 76,61-88,30 maka memiliki nilai mutu pelayanan B. Hal ini membuktikan bahwa tingkat kepuasan terhadap pelayanan Rumah Sakit X Kota Bogor telah mencapai kepuasan yang baik. Citra rumah sakit ini dilihat dari mutu dari pelayanan yang direfleksikan dari beberapa hal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana hubungan dari kualitas pelayanan yang diproyeksikan dengan bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap citra rumah sakit X di Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian cross sectional. Sampel diambil menggunakan Teknik accidental sampling dengan penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap citra rumah sakit X di Kota Bogor. Saran yang dapat diberikan adalah manajemen perlu mengadakan evaluasi secara khusus terkait jaminan yang didapatkan oleh pasien, ruangan dan fasilitas perlu lebih ditingkatkan agar tidak menyebabkan kebingungan bagi pasien. Selain itu pihak rumah sakit harus memastikan pelayanan yang diterima oleh pasien sesuai dengan apa yang pasien inginkan
(terhadap paket-paket tertentu dan jenis penyakit). Rumah sakit perlu bersiap dengan kemajuan jaman sehingga dapat terus melakukan evaluasi dan peningkatan pelayanan seiring dengan kemajuan teknologi.
Kata kunci: mutu pelayanan, citra rumah sakit, kualitas pelayanan


Preview