Abstak
“Pengaruh Pembelajaran Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus Kelas VII A&B MTS AL AHSAN di Tanah
Sareal), Fadiyah Anshori 211105010278 Fakultas Agama Islam”
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya minat belajar siswa akibat
pembelajaran konvensional yang kurang menarik, keterbatasan dalam penggunaan media
pembelajaran serta faktor ketersediaan dan kesesuaian media visual. Media visual yang
digunakan peneliti pada penelitian ini dengan menggunakan PPT (Power Point) yang
diproyeksikan melalui Liquid Crystal Display (LCD) proyektor. Sehingga dapat membantu
siswa memahami materi, pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Penggunaan media ini juga berfungsi untuk mengurangi kebosanan saat belajar dan
mendorong siswa untuk lebih aktif selama proses pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis pengaruh dari penggunaan media visual terhadap hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak bagi kelas VII di MTs Al Ahsan, Tanah Sareal,
Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain
eksperimen semu (quasi experimental design), yang melakukan perbandingan antara dua
kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media visual dan kelas kontrol yang
menerapkan metode konvensional. Data diperoleh melalui tes (pre test dan post test) untuk
menilai hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media visual. Hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa pada
kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test kelas
eksperimen mencapai 94,30, sedangkan kelas kontrol hanya 65,47. Uji t menunjukkan nilai
sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua
kelompok. Dengan demikian, penggunaan media visual terbukti efektif dalam
meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan implikasi
bagi pengembangan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Guru diharapkan dapat
mengoptimalkan penggunaan media visual dalam proses mengajar untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran.
Kata Kunci : Akidah Akhlak, Hasil Belajar, Media Visual, dan Siswa