Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT! TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS XII DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 30 Jul 2025, 10.37



Abstak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya studi mengenai rendahnya
minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam, padahal
fenomena ini memiliki dampak signifikan terhadap pendidikan. Tujuan penelitian
ini adalah menyelidiki pengaruh aplikasi Kahoot! terhadap minat siswa dalam mata
pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 1
Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif pendekatan quasi
experiment dengan non-equivalent design, dengan sampel berjumlah 60 siswa yang
dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrument
kuesioner minat belajar yang digunakan untuk mengukur keterlibatan, ketertarikan,
perhatian, dan perasaan senang siswa, dan dianalisis menggunakan uji Independent
Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara penggunaan aplikasi Kahoot! Terhadap minat belajar siswa mata
pelajaran SKI kelas XII di MAN 1 Kota Bogor. Simpulan utama penelitian ini
adalah perhitungan hasil analisis uji Independent Sample T-Test menggunakan
SPSS 26.0 menunjukkan bahwa Kahoot! adalah alat pembelajaran interaktif yang
efektif yang meningkatkan minat siswa. Ini dibuktikan dengan nilai evaluasi
pembelajaran yang lebih tinggi di kelas eksperimen. Oleh karena itu, Kahoot!
disarankan sebagai alternatif untuk pembelajaran SKI karena memungkinkan
suasana belajar yang menyenangkan dan menarik. Implikasi penelitian ini meliputi
aspek teoretis, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memperkuat teori
mengenai pentingnya media pembelajaran interaktif dalam meningkatkan minat
belajar siswa, serta aspek praktis bagi guru, penggunaan Kahoot! dapat dijadikan
strategi pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatkan keterlibatan
siswa di kelas. Temuan ini dapat dijadikan dasar bagi sekolah atau instansi
pendidikan untuk mengintegrasikan media digital interaktif ke dalam kurikulum,
terutama dalam pembelajaran berbasis teknologi.
Kata Kunci: Kahoot!; Minat belajar; Sejarah kebudayaan Islam; Pembelajaran
interaktif; Media digital