Abstak
PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR
SKRIPSI, AGUSTUS 2018
ABSTRAK
GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT INSTALASI
FARMASI RAWAT JALAN RSUD KOTA BOGOR TAHUN 2018
ASTRI AMALIANY
xvii+ 84 halaman + 8 tabel + 7 lampiran
Waktu tunggu dalam pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi persepsi pasien terhadap mutu
pelayanan di Rumah Sakit. Masalah yang terjadi adalah penulisan resep dokter
yang sulit untuk dibaca sehingga berpengaruh terhadap waktu tunggu pelayanan
obat diinstalasi farmasi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan
pengumpulan data berupa pencatatan waktu tunggu pelayanan resep, wawancara,
observasi dan telaah dokumen. Informan terdiri dari orang yang diambil secara
purposive sampling.
Hasil penelitian yang dilakukan pada bulan Agustus 2018 didapatkan
bahwa rata-rata waktu tunggu pelayanan obat jadi adalah 72,06 menit dan resep
racikan adalah 90,24 menit. Hal ini belum memenuhi standar Kepmenkes
No.129/Menkes/SK/II/2008, yaitu ? 30 menit untuk obat jadi dan ? 60 menit
untuk obat racik. Keterlambatan pelayanan resep ini disebabkan beberapa faktor
yaitu, apabila obat tidak tersedia, dokter sulit dihubungi ketika resep tidak terbaca
oleh asisten apoteker, Ruangan pelayanan masih kurang luas,.
Diharapkan dari pihak Rumah sakit melakukan pelatihan kepada SDM
Farmasi yang ada untuk meningkatkan pengetahuan/keterampilan.
Hasil bacaan :11 buku,7 skripsi, 19 jurnal. 1997-2017
vii
Universitas Ibn Khaldun
FACULTY OF HEALTH SCIENCE STUDY PROGRAM HEALTH CARE
MANAGEMEN DEPARTEMEN IBN KHALDUN UNIVERSITY
ABSTRAK
THE DESCRIPTION OF DRUG SERVICE WAITING TIME IN BOGOR
REGIONAL PHARMACEUTICAL INSTALLATION OF GENERAL
HOSPITALS
ASTRI AMALIANY
xvii+ 84 pages + 8 tables + 7 attachments
The waiting time in pharmacy services for patient satisfaction is one of the
factors that influence the patient's perception of the quality of service in the
hospital. There is a problem such as doctor’s prescription writing illegible, this
one of factor that can lead to drug service waiting time.
This research which is a qualitative that is used in gathering the data in a
form of recording the waiting time for the prescription service, interview, and
observation and is documented. Informant that is taken by purposive sampling.
The result of the research that is done on August 2018 is the average wait
time for the prescription service with no concoction of drugs is 72,06 minutes and
the time with concoction of drugs is 90,24 minutes. This result hasn’t reached the
standard of Kepmenkes No.129/Menkes/SK/II/2008, which is ? 30 minutes, for
prescription with no concoction of drugs and ? 60 minutes, for prescription with
concoction of drugs. The delayed prescription service is caused by several factors
which are, still no written policy about the waiting time standard for the
prescription service, the inadequate facilities and infrastructure, the availability
of drugs.
Expectedfor the Hospital Manager to increase the number of Human
Resources, give them education, training, and development for the pharmacist
and pharmacists’ assistant routinely and evenly and maximize the function of
supervision and evaluation.
Reading List : 11 books, 5 essay, 19 journal. 1997-2017