Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM TERHADAP ADAB SISWA KEPADA GURU DI SMP PRIMA NUSANTARA KECAMATAN SEPATAN TANGERANG BANTEN
Tahun 2024
Tanggal Input 06 Aug 2025, 09.00



Abstak

Seni Asriah 201105010585, “Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim
Terhadap Adab siswa diPondok Pesantren Al- Hikmah Pondok Jaya”. Pendidikan
Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor, 2024. Skripsi

Latar belakang dari penelitian ini berangkat dari dua kata kunci yaitu adab dan
pendidikan. Di tengah perkembangan teknologi dan budaya modern, nilai-nilai adab siswa
terhadap guru mengalami penurunan yang mengkhawatirkan. Fenomena ini tercermin dari
banyaknya kasus ketidaksopanan siswa di lingkungan sekolah yang menunjukkan perlunya
penanaman karakter melalui pembelajaran yang bersifat moral dan spiritual. Kitab Ta’lim
Muta’allim, sebagai karya klasik dalam khazanah pendidikan Islam, memuat ajaran tentang
pentingnya adab dan penghormatan terhadap guru sehingga layak dijadikan salah satu
solusi dalam memperkuat pendidikan karakter di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab
Ta’lim Muta’allim di SMP Prima Nusantara; (2) menggambarkan adab siswa terhadap guru
di sekolah tersebut; dan (3) menganalisis sejauh mana pengaruh pembelajaran kitab Ta’lim
Muta’allim terhadap adab siswa kepada guru. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa SMP Prima Nusantara Kecamatan Sepatan, dan sampel diambil
menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 60 responden. Pengumpulan data
dilakukan melalui angket tertutup dan dokumentasi sebagai data pendukung. Analisis data
menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim
Muta’allim berada dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 38,4%; (2) adab siswa
terhadap guru juga tergolong tinggi dengan nilai persentase 40%; dan (3) hasil uji regresi
linier sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif antara pembelajaran kitab Ta’lim
Muta’allim terhadap adab siswa dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,143. Hal
ini menunjukkan bahwa 14,3% variasi dalam adab siswa dapat dijelaskan oleh
pembelajaran kitab tersebut, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Implikasi dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pengajaran kitab Ta’lim
Muta’allim memiliki kontribusi penting dalam membentuk karakter siswa, khususnya
dalam meningkatkan adab kepada guru. Hasil ini menggarisbawahi urgensi integrasi
pendidikan kitab klasik ke dalam sistem pembelajaran formal sebagai bagian dari upaya
memperkuat pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Islam di sekolah-sekolah.
Kata Kunci: Ta’lim Muta’allim, adab siswa, guru, pembelajaran, pendidikan karakter.