Abstak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X di
MAN 2 Kota Bogor pada mata Pelajaran Fikih dengan menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Latar belakang
penelitian ini yaitu karena rendahnya minat belajar peserta didik terhadap materi
Fikih yang disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dan
membosankan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian
tidakan kelas (PTK) dengan menerapkan dua siklus. Dalam setiap siklusnya
meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun pengumpulan
datanya menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik,
wawancara dengan guru mata Pelajaran Fikih dan angket minat peserta didik. Hasil
penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan yang cukup signifikan pada
aktivitas guru dan peserta didik setelah menerapkan model Teams Games
Tournament (TGT) .Aktivitas guru meningkat dari kategori “baik” pada siklus I
menjadi “baik sekali” pada siklus II. Begitupula dengan minat belajar peserta didik
yang mengalami peningkatan dari kategori “baik” pada siklus I menjadi “baik
sekali” pada siklus II.
Kata Kunci : model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), minat belajar,
pembelajaran Fikih.