Abstak
ABSTRAK
Nazila Agustin : “ANALISIS SISTEM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SPNF-SKB KABUPATEN BOGOR”
Penelitian yang bertujuan mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran pendidikan
anak usia dini di SPNF-SKB Kabupaten Bogor. Pengelolaan pendidikan anak usia
dini, yang sangat penting dan khususnya peningkatan layanan bagi anak usia dini
agar mereka dapat mengembangkan potensinya secara efektif, menjadi dasar dari
penelitian ini. Agar tercapainya sumber daya manusia yang berkualitas. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan
menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sampel penelitian ini sebanyak 6 orang yang terdiri dari 1 kepala
SPNF-SKB, 2 tutor pendidikan anak usia dini dan 3 orang tua murid. Hasil
penelitian yang diperoleh yaitu, perencanaan pembelajaran yang dilakukan setiap
tahun ajaran baru oleh tutor pendidikan anak usia dini dan kepala SPNF-SKB
Kabupaten Bogor yang berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 137 dan 146 Tahun 2014 dengan membuat rencana
pembelajaran semester, rencana pembelajaran mingguan dan rencana pembelajaran
harian. Pelaksanaan pembelajaran disesuaikan berdasarkan kelompok usia dengan
memenuhi tahapan-tahapan pembelajaran yang meliputi kegiatan pembuka,
kegiatan inti dan kegiatan penutup. Evaluasi pembelajaran dilakukan selama proses
kegiatan pembelajaran dengan rutin dan berkesinambungan dengan menggunakan
tabel capaian pembelajaran dan catatan anekdot. Pengawasan pembelajaran
dilakukan setiap bulan oleh kepala SPNF-SKB Kabupaten Bogor dengan
mengamati perencanaan kegiatan pembelajaran semester, mingguan dan harian,
metode, media dan alat penilian yang digunakan tutor. Faktor pendukung dan
penghambat dari pengelolaan pembelajaran di SPNF-SKB Kabupaten Bogor
terdapat dari pihak internal dan eksternal.
Kata kunci : Pengelolaan, Pembelajaran, PAUD, SPNF-SKB