Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN ANTARA TINGKAT OTORITAS ORANG TUA DALAM PENGASUHAN DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTS AL-AHSAN KOTA BOGOR
Tahun 2024
Tanggal Input 26 May 2025, 11.15



Abstak

ABSTRAK
Mezena Gusnaeni 191105010472, “Hubungan Antara
Tingkat Otoritas Orang Tua dalam Pengasuhan dan Disiplin Belajar
Siswa Kelas IX di MTs Al-Ahsan Kota Bogor”. Pendidikan Agama
Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
2024. Skripsi
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat
otoritas yang dimiliki orang tua siswa kelas IX di MTs Al-Ahsan Kota
Bogor (2) Untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa kelas IX di
MTs Al-Ahsan Kota Bogor. (3) Untuk mengetahui apakah ada
hubungan yang signifikan antara tingkat otoritas orang tua dan disiplin
belajar siswa kelas IX di MTs Al-Ahsan Kota Bogor. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode
korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendistribusikan
angket tingkat otoritas orang tua dan disiplin belajar siswa kepada 162
siswa kelas IX di MTs Al-Ahsan Kota Bogor. Hasil penelitian
menunjukan bahwa: (1) Tingkat otoritas orang tua memperoleh nilai
rata-rata total sebesar 59,72, menunjukan bahwa termasuk kedalam
kategori tinggi. (2) Tingkat disiplin belajar siswa kelas IX di MTs Al
Ahsan Kota Bogor memperoleh nilai rata-rata total sebesar 68,32,
menunjukan bahwa termasuk kedalam kategori tinggi. (3) Hasil uji
korelasi product moment (R= 0,298, Sig (2-tailed) = 0,000), hal ini
menunjukan hubungan positif dan signifikan antara otoritas orang tua
dan disiplin belajar siswa kelas IX di MTs Al-Ahsan Kota Bogor
terdapat hubungan yang lemah atau rendah, sehingga Ha diterima dan
Ho ditolak. Dengan demikian, otoritas orang tua dalam pengasuhan
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin atau tidaknya
siswa dalam belajar, karena sejatinya orang tualah yang paling dekat
dengan anaknya.
Kata Kunci: Otoritas Orang Tua, Pengasuhan, Disiplin Belajar.


Preview