Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN FIQIH DENGAN PENGAMALAN IBADAH SHOLAT SISWA DI MTS NURUL IHYA KOTA BOGOR
Tahun 2020
Tanggal Input 07 Jul 2025, 10.28



Abstak

Dewi Anjani
131104090124
Pendidikan Agama Islam khususnya materi pembelajaran fiqih merupakanusaha
yang cukup mapan terarah, untukmenciptakan manusia secara fisik dan psikis yang taat
kepada aturan beribadah seorang muslim. Materi pembelajaran fiqih mempunya peran
penting dalam memperbaiki ibadah anak – anak dan mengangkat derajat mereka yang
lebih tinggi, serta berbahagia dalam hidup dan kehidupannya, oleh karena itu
pendidikan agama harus diberikan mulai sejak dini kepada anak – anak. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pemahaman dan pengamalan Mata Pelajaran Fiqih
tentang shalat berjamaahdan untuk mengetahui adanyaHubungan antara pemahaman
materi pembelajaran fiqih dengan pengamalan ibadah sholat wajib di Mts Nurul Ihya
kota Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian
ditemukan bahwa Hubungan Materi pembelajaran Fiqih dengan Praktek Ibadah Shalat (
Dzuhur ) siswa, diperoleh besarnya rxy 0.56 jika dilihat dari tabel interpretasi maka
indeks korelasi yang diperoleh yaitu 0.56 yang terletak antara 0.40-0.70, dilihat dari tabel
interpretasi data yang termasuk korelasi sedang atau cukup. Kemudiandenganmelihattabelnilai “r” product moment ternyatadengandf 18,
makadaritarafsignifikan 5% diperoleh r tabel 0.3783. Dengan demikian pada taraf
signifikan 5% rxy = 0,56 > r tabel 0,3783,berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang
berarti terdapat hubungan yang signifikan antara Materi Pembelajaran Fiqih dengan
pengamalan Ibadah Shalat Siswa di MTs. Nurul Ihya Kota Bogor.
Kata Kunci:Pemahaman, PengamalanIbadahShalat,


Preview