Abstak
Mulyana Kosasih 181105010278, “Kreativitas Guru Mengajar Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Insan Sejati Kabupaten Bogor”.
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
2022. Skripsi
Guru dapat diibaratkan sebagai pembimbing perjalanan yang dilandasi ilmu dan
pengalaman akan bertanggung jawab atas kelancaran perjalanan siswa dalam
proses pembelajaran. Kreativitas seorang guru dalam mengajar sangat
berpengaruh untuk membuat suasana belajar mengajar lebih menyenangkan, guru
dapat menggunakan berbagai pendekatan ketika mengajar sehingga membuat
pembelajaran dikelas lebih bervariatif dan tidak membosankan. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan kreativitas guru mengajar dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa di Mts Insan Sejati. Dalam penelitian ini digunakan
penelitian kualitatif melalui pendekatan studi lapangan. Dilakukan di Mts Insan
Sejati sejak Januari sampai Juli 2022. Sumber data primernya adalah guru dipilih
secara purposive. Teknik pengumpulan datanya dengan wawancara mendalam,
data divalidasi dengan triangulasi sumber. Data dianalisis dengan menggunakan
analisis deskriptif dengan tahapan mengikuti teori Miles dan Huberman. Tujuan
hasil dari penelitian ini untuk menunjukan bahwa kreativitas guru mengajar dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun hasil penelitian adalah dilakukan
dengan bentuk Kreativitas Guru Mengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Siswa di MTS Insan Sejati Kabupaten Bogor yaitu: Pertama, meningkatkan
kompetensi diri sebagai guru terutama terkait dengan profesionalisme. Kedua,
kreativitas dalam mengelola materi pembelajaran yang tentunya agar anak tidak
mudah bosan dan menjadi lebih aktif dalam belajar. Ketiga, kreativitas dalam
metode pembelajaran dengan variasi dalam metode pembelajaran membuat kelas
lebih menyenangkan. Keempat, kreativitas dalam media pembelajaran yang tak
kalah penting mengoptimalkan media sarana prasarana yang ada di sekolah untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa. Kemudian, motivasi belajar siswa di MTs
Insan Sejati dapat meningkat dengan empat hal yaitu pertama, adanya
pembelajaran yang menyenangkan di kelas. Kedua, guru yang kreatif dengan
pembawaan yang tidak membosankan. Ketiga, pemberian reward pada siswa
tertentu tentunya akan menjadi pemicu keaktifan siswa dalam belajar. Keempat,
pemberian motivasi belajar yaitu dengan memberikan nasihat-nasihat keutamaan
dalam belajar.
Kata Kunci: Kreativitas, Guru, Motivasi Belajar.