Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 5 DI SDIT AL-MADINAH
Tahun 2025
Tanggal Input 31 Jul 2025, 14.03



Abstak

Echa Rizki Melani NPM 211105050368

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan
pembelajaran IPA berbasis project (Project Based Learning) dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Latar
belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa
akibat
dominasi metode pembelajaran konvensional yang belum
memberikan ruang bagi eksplorasi dan keterlibatan aktif siswa. Penelitian
ini dilaksanakan di kelas 5 SDIT Al-Madinah menggunakan metode mix
method dengan pendekatan sequential explanatory, yaitu diawali dengan
pengumpulan data kuantitatif yang dilanjutkan dengan data kualitatif untuk
memperkuat hasil. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yakni kelas 5F
sebagai kelas eksperimen dan kelas 5G sebagai kelas kontrol. Instrumen
yang digunakan mencakup tes (pretest dan posttest), wawancara, dan
observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis
proyek efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini
terlihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen dari 64,16 menjadi
89,63, sementara kelas kontrol meningkat dari 67,8 menjadi 81,6. Temuan
kualitatif melalui wawancara dan observasi menunjukkan bahwa siswa
terlibat aktif dalam diskusi, pemecahan masalah, dan presentasi project.
Faktor pendukung keberhasilan pembelajaran ini meliputi rasa ingin tahu
siswa, peran aktif guru, serta penggunaan project yang kontekstual. Dengan
demikian, pembelajaran IPA berbasis project layak diterapkan untuk
mendorong kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis project, IPA, Berpikir Kritis, Sekolah
Dasar.