Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul HUBUNGAN POLA ASUH SANTRI DENGAN ADAB MURID TERHADAP GURU DI PONDOK PESANTREN AL-FALAK PAGENTONGAN BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 05 Jul 2025, 11.01



Abstak

Fani Fadilah 171104090884 “ Hubungan Pola Asuh Santri dengan Adab Murid
terhadap Guru di Pondok Pesantren Al Falak Pagentongan Bogor“. Pendidikan
Agama Islam.Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2021.
Skripsi
Adab murid terhadap guru sangat penting, agar ilmu yang didapatkan itu
berkah dan bermanfaat. Namun berkah dan bermanfaat ini tidak akan langsung
kita rasakan ketika kita mendapat ilmu dan saat itu kita merasa ilmu ini berkah
dan bermanfaat, tetapi keberkahan dan manfaatnya itu akan kita rasakan
dikemudian hari ketika ilmu itu kita implementasikan dalam kehidupan, baru saat
itu kita akan merasakan bahwa ilmu yang dulu diberikan oleh guru kita itu berkah
dan bermanfaat bagi kita. Ketika kita beradab kepada guru, maka guru pun akan
merasa senang kepada kita, ikhlas dalam mengajar kita dan mendo’an kebaikan
untuk kita. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui pola asuh
santri dan adab murid terhadap guru di Pondok Pesantren Al Falak dan untuk
mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara pola asuh santri di Pondok
Pesantren Al Falak dengan adab murid terhadap guru. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif survey.
Hasil dari penelitian ini yaitu pola asuh santri di Pondok Pesantren Al
Falak Pagentongan Bogor lebih mengarah kepada gaya pola asuh otoriter. Hal ini
terbukti dari banyaknya jawaban responden dengan jawaban “a’” sebanyak 60%,
jawaban “b” sebesar 17%, jawaban “c” sebesar 10?n jawaban “d” sebesar
12%. Dengan jumlah persentase jawaban “a” sebanyak 60% maka hal tersebut
menunjukkan bahwa pola asuh cenderung otoriter. Adab murid terhadap guru di
Pondok Pesantren AL Falak Pagentongan Bogor sangat baik. Hal ini terbukti dari
banyaknya jawaban responden dengan jawaban “a” sebanyak 75%, jawaban “b”
sebanyak 15%, jawaban “c” sebanyak 7%, dan jawaban “d” sebanyak 3%. Dari
perhitunganrxy sebesar 0,367 angka indeks korelasi yang diperoleh tidak bertanda
negatif, yang terletak antara 0,20 – 0,40. Berdasarkan pedoman tabel korelasi
product moment yang digunakan, maka dapat dikatakan bahwa antara variabel
pola asuh santri (X) dan variabel adab murid terhadap guru (Y) terdapat hubungan
yang signifikan, namun cenderung rendah/lemah.
Kata kunci: Adab, Pola Asuh, Pesantren


Preview