Abstak
ABSTRAK
RATIAH, NPM 131201021697, “HUBUNGAN ANTARA STRATEGI
PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA
JERMAN DI LEMBAGA KURSUS KUKCHE LANGUAGE KOTA
BOGOR”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi tentang
Hubungan Antara Strategi Pembelajaran Partisipatif Dengan Hasil Belajar Bahasa
Jerman di Lembaga Kursus Kukche Language Kota Bogor.
Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku individu yang diperoleh setelah
melakukan proses pembelajaran meliputi cakupan ranah kognitif, afektif dan
psikomotorik.
Strategi pembelajaran partisipatif adalah keikutsertaan warga belajar dalam
kegiatan belajar mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian
kegiatan pembelajarkan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa angket, observasi,
studi pustaka dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini yaitu para peserta
didik bahasa Jerman di Lembaga Kursus Kukche Language Kota Bogor yang
berjumlah 30 orang dan sekaligus dijadikan sampel (sampel jenuh).
Dengan menggunakan Teknik analisis Korelasi Product Moment Pearson.
Didapat nilai koefisien korelasi (r) product moment sebesar 0,66, sehingga rtabel
0,36 berada pada interval (0,60-0,79), sementara itu nilai thitung 6,46 dan ttabel
sebesar 2,04, menjadikan thitung (6,46) ttabel (0,36). Dengan demikian maka
penelitian ini menolak Hipotesis uji atau Hipotesis nol (H0), dan menerima H1
yang berbunyi: “Hubungan antara Strategi Pembelajaran Partisipatif dengan Hasil
Belajar Bahasa Jerman di Lembaga Kursus Kukche Language Kota Bogor”
dengan interpretasi KUAT, sementara itu berdasarkan hasil dari perhitungan KD
diperoleh nilai 43% artinya bahwa strategi pembelajaran partisipatif cukup
mempengaruhi hasil belajar bahasa Jerman dan sisanya karena faktor lain seperti
kemampuan individu, minat, motivasi, lingkungan keluarga, lingkungan teman.
Kata kunci : Hasil Belajar Bahasa Jerman, Strategi Pembelajaran Partisipatif