Abstak
Mutia Rachmah
191104010848
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing dan
Harga terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Shopee.Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif. Populasi yang ada pada penelitian ini adalah mahasiswa Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Ibn Khaldun Bogor Angkatan 2019.
Analisis yang digunakan menggunakan teknik kuantitatif dengan jumlah sampel
sebanyak 103 responden. Instrumen pada penelitian ini yaitu berupa kuesioner.
Hasil uji instrumen penelitian menggunakan uji analisis regresi berganda, uji t dan
uji f, yang menunjukan bahwa Viral Marketing dan Harga berpengaruh signifikan
terhadap Minat Beli dengan hasil analisis regresi berganda sebesar Y= 3.844 +
0,217 X1 + 0, 347 X2. Hasil uji t Viral Marketing didapatkan thitung > ttabel yang
artinya Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, dimana terdapat pengaruh antara Viral
Marketing terhadap Minat Beli. Sedangakan uji t Harga diperoleh sebesar thitung >
ttabel, maka HO2 ditolak dan H?2 diterima, dimana terdapat pengaruh antara harga
terhadap minat beli. Dan hasil uji f diperoleh sebesar f hitung fhitung > ftabel artinya
Ho3 ditolah dan Ha3 diterima, Maka Dapat disimpulkan bahwa variabel
independen Viral Marketing (X1) dan Harga (X2) berpengaruh secara simultan dan
signifikan terhadap Minat Beli (Y). berdasarkan hasil data tersebut dapat
disimpulkan bahwa Viral Marketing dan Harga berpengaruh terhadap minat beli.
Kata Kunci: E- Commerce, Harga, Minat Beli dan Viral Marketing