Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI DI MAN 2 KOTA BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 30 Jul 2025, 14.32



Abstak

Najihatun Ni’mah, 211105010328
Minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak sering kali masih rendah karena pendekatan
pembelajaran yang monoton dan kurang monoton. Penggunaan media digital seperti aplikasi canva
menjadi alternatif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan partisipatif. Aplikasi
Canva sebagai media pembelajaran visual interaktif dinilai mampu menyajikan materi secara
menarik dan mendorong keterlibatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
media pembelajaran Canva terhadap minat belajar siswa kelas XI di MAN 2 Kota Bogor. Metode
yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen nonequivalent control group
design. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI-5 sebagai kelas kontrol dan XI-6 sebagai kelas
eksperimen, masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket minat
belajar, dengan empat indikator: ketertarikan, perhatian, motivasi dan keterlibatan siswa. Analisis
data dilakukan dengan uji Paired Sample t-Test dan Independent Sample t-Test menggunakan SPSS
versi 27. Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang
signifikan setelah penggunaan media Canva dengan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05.
Sementara hasil Independent Sample t-Test juga menunjukkan perbedaan signifikan antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka kesimpulan yang
dapat diperoleh dari media pembelajaran aplikasi canva terhadap minat belajar siswa mata pelajaran
akidah akhlak kelas XI di MAN 2 Kota Bogor terbukti efektif dalam meningkatkan minat belajar
siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran Aplikasi Canva, Minat Belajar, Akidah Akhlak