Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul KORELASI BELAJAR KITAB TA’LIM MUTA’LIM DENGAN KEPATUHAN SANTRI KEPADA GURU DI PONDOK PESANTREN MUTHMAINNATUL QULUB AL-ISLAMI CIBINONG BOGOR
Tahun 2022
Tanggal Input 05 Jul 2025, 10.23



Abstak

Roni Sahroni
171104090118
Salah satu kitab yang mengajarkan tentang langkah-langkah menjadi santri atau
murid yang berakhlak mulia sesuai dengan syariat Islam adalah kitab ta'lim
muta'alim. Kitab Ta'limul Muta'alim karangan Syaikh Az-Zarnuji dipelajari di
setiap lembaga pendidikan tradisional klasik seperti pesantren bahkan di lembaga
lembaga pondok pesantren modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
seberapa besar korelasi belajar kitab ta'lim muta'alim dengan kepatuahan santri
kepada guru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian expost facto.
Jenis Penleitian ini adalah dengan data primer dan data sekunder. Data-data
dikumpulkan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi kemudian
dianalisis dengan menggunakan teknik product moment. Hasil penelitian
menunjukan bahwa:1) Pembelajaran kitab ta’lim muta’alim dalam kategori sangat
baik dengan perolehan niali 88,7 dari data kuesioner. 2) Kepatuhan santri kepada
guru dalam kategori Baik dengan perolehan nilai 77,7 dari rekapitulasi nilai rapot
bagian sikap kelas XII MA Muthmainnah. 3) pembelajaran Kitab ta’lim Muta’alim
terdapat korelasi yang signifikan terhadap kepatuhan santri kepada guru sebesar
13,3%. Belajar Kitab ta’lim Muta’alim terdapat korelasi terhadap kepatuhan santri
kepada guru di Pondok Pesantren Muthmainnatul Qulub Al-Islami.
Kata Kunci: Kitab Ta’lim Mut’alim, Kepatuhan Santri


Preview