Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PERAN GURU DALAM INTERNALISASI NILAI- NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP IT DINAMIKA UMAT
Tahun 2023
Tanggal Input 24 Jun 2025, 14.27



Abstak

Abdul Aziz 191105010468, “Peran guru dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan
karakter peduli lingkungan”. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam.
Universitas Ibn Khaldun Bogor. 2023.
Sekolah SMP IT Dinamika Umat Bogor merupakan sekolah yang memiliki konsep
sekolah bersih tanpa cleaning service. Konsep sekolah ini merupakan misi besar yang
diemban yakni menanamkan adab kebersihan kepada guru-guru, terutama pada peserta
didik agar membentuk karakter peduli lingkungan yang tertib, disiplin dan
bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam
internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas
VIII SMP IT Dinamika Umat. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif
dengan sumber data primer yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik SMP IT
Dinamika Umat, sumber data sekunder yang peneliti gunakan yaitu dokumen-dokumen
sekolah yang berkaitan dengan penelitian. Proses pengumpulan data dalam penelitian
dilakukan melalui observasi atau pengamatan, wawancara, dan didukung oleh
dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, peneliti menggunakan metode reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti
melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, melakukan triangulasi,
menggunakan sumber referensi, dan melakukan verifikasi dengan partisipan penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menginternalisasikan nilai
nilai pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik kelas VIII SMP Islam
Terpadu Dinamika Umat mencakup: Pertama, guru berperan sebagai edukator, pengelola
kelas, pembimbing, model dan teladan, serta motivator dalam mengajarkan dan
mendorong peserta didik untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Kedua,
faktor pendukung meliputi tercukupinya sarana dan prasarana sekolah, hubungan baik
antara sekolah dan masyarakat sekitar, serta kerjasama internal sekolah. Namun, faktor
penghambat termasuk minimnya alat kebersihan di sekolah dan karakteristik siswa yang
beragam.
Kata kunci : Peran Guru, Karakter Peduli Lingkungan.