Abstak
Daniel Fajriansyah
151104090138
Penyalahgunaan media social disini dibatasi pada penggunaan Facebook,
Peran guru disini dibatasi pada perihal memberikan bimbingan etika bermedia
sosial, Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kepribadian siswa di SMA
Riyadlul Jannah, Untuk mengetahui peran guru dalam memberikan bimbingan
bermedia sosial di SMA Riyadlul Jannah, Untuk mengetahui hubungan peran guru
SMA Riyadlul Jannah dalam membentuk kepribadian siswa yang beretika pada
media sosial
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena penelitian ini
lebih dominan dengan angka – angka. Sehingga dalam penelitiannya ada
independent dan dependent. Penelitian kuantitatif sebuah pendekatan penelitian
yang lebih dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, analisis
terhadap data tersebut, dan penampilan hasilnya. Penelitian menggunakan
penelitian kolerasi. Penelitian mencari hubungan antara Variabel X yaitu Peran
Guru, dengan Variabel Y yaitu Penyalahgunaan Media Sosial
Berdasarkan data yang diperoleh hubungan peran guru dengan
penyalahgunaan media sosial di SMA Riyadlul Jannah menunjukkan bahwa
penelitian ini berjalan dengan sangat baik. Hasil itu berdasarkan Tabel pengujian
menggunakan SPSS 25 diperoleh jumlah data (N) pada siswa di tingkat SMA
Riyadlul Jannah, yang terdiri dari 26 siswa kelas X IPS, 12 siswa kelas X IPA, 7
siswa kelas XI IPS, 17 siswa kelas XI IPA, 25 siswa kelas XII IPS dan 13 siswa
kelas XII IPA.
Tingkat peran guru di SMA Riyadlul Jannah dengan mean (rata – rata)
dengan nilai 86,99 dari variabel X tentang peran guru tergolong tinggi karena
termasuk dalam interval (74 – 95) kemudian terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan antara peran guru dengan penyalahgunaan media sosial di SMA Riyadlul
Jannah diketahui nilai signifikansinya karena Sig adalah 0,000, maka dapat
disimpulkan ada pengaruh peran guru dengan penyalahgunaan media sosial secara
simultan karena Sig 0,000 0,05.
Kata kunci : Peran Guru, Media Sosial