Abstak
Ainun Mardhiyah
161104090170
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui keterampilan dasar apa saja
yang perlu dikuasai oleh anak usia dini untuk memasuki sekolah formal di
Thailand selatan; (2) mengetahui penguatan pendidikan Islam apa saja yang perlu
ditanamkan dan dikuasai oleh anak usia dini untuk memasuki sekolah formal di
Thailand selatan; (3) mengetahui seberapa penting peran orangtua dan pendidik di
sekolah dalam proses mempersiapkan anak usia dini untuk memasuki pendidikan
formal di Thailand selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang
dilaksanakan di Sulam Darulaman School Amphoe Tepha, Songkhla, Thailand
Selatan dengan jumlah populasi sebanyak 19 siswa. Data pada penelitian ini
diambil dengan menggunakan hasil wawancara terbuka dengan mengisi kuesioner,
studi dokumentasi, dan observasi. Peneliti mewawancarai responden menggunakan
panduan dari kuesioner yang berisi mengenai pernyataan-pernyataan yang
bersangkutan dengan kesiapan keterampilan dasar anak dan penguatan pendidikan
Islam untuk memasuki sekolah formal di Thailand selatan.teknik analisis data yang
digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik korelasi Pearson Product
Moment (r). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat korelasi yang
signifikan antara kesiapan keterampilan dasar anak dengan memasuki sekolah
formal di Thailand selatan, (2) terdapat korelasi yang signifikan antara penguatan
pendidikan Islam dengan memasuki sekolah formal di Thailand selatan, (3)
terdapat korelasi positif yang signifikan antara keterampilan dasar anak dan
penguatan Pendidikan Islam dengan kesiapan memasuki Pendidikan formal di
Thailand selatan.
Kata Kunci : Keterampilan Dasar dan Pendidikan Islam