Abstak
Rahmatul Umah
181105010234
Penelitian ini membahas mengenai uapaya metode pembelajaran jigsaw terhadap
hasil belajar fiqih di MTs Mathla’ul Anwar 2 Kota Bogor. Membandingkan antara
hasil belajar dari materi fiqih dengan menggunakan metode pembelajaran jigsaw
dan metode pembelajaran konvensional dimana hasil tersebut merupakan tujuan
dari penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan dalam penelitian ini menggunakan satu kelas yaitu
kelas VIII di MTs Mathla’ul Anwar 2 Kota Bogor dan kelas kontrol. Intrumen
yang digunakan adalah tes berupa pretest dan posttest untuk mengumpulkan data.
Berdasarkan hasil yang didapati perbedaan peningkatan sebesar 7,25 dimana lebih
besar peningkatan pada instrumen pre test. Diperoleh hasil hitung adalah 3,103
dengan jumlah siswa 32 orang. Pengambilan keputusan melihat hasil sig. (2
tailed) adalah 0,03. Hal ini menunjukan pengambilan keputusan tersebut didasari
oleh sig. (2-tailed) lebih kecil dari 5% atau Ha diterima. Penerapan metode
pembelajaran jigsaw sangat efektif pada proses pembelajaran karena siswa merasa
mudah dalam memahami materi pembelajaran fiqih sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar siswa karena pembelajaran dengan metode jigsaw merupakan alat
pikir organisasional yang menggunakan cara kreatif bagi tiap siswa untuk
menghasilkan gagasan, mencatat apa yang dipelajari, menjadikannya peta rute
yang hebat bagi ingatan, serta memungkinkan kita menyusun fakta dan pikiran
sedemikian rupa sehingga cara kerja alami otak dilibatkan sejak awal.
Kata kunci: Jigsaw, Hasil Belajar, Fiqih