Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI (SDN CIHIDEUNG UDIK 01 Kelas VI A Kab Bogor)
Tahun 2025
Tanggal Input 31 Jul 2025, 10.43



Abstak

Sultan Abdul Azis , 211105010040

Media Dikenal sebagai alat pengajaran yang harus digunakan oleh guru, namun seringkali
diabaikan. Tidak ada media yang digunakan dalam proses pembelajaran, namun umumnya hal
tersebut dilakukan karena berbagai alasan. Dalam proses pembelajaran guru harus menggunakan
media sebagai alat agar memudahkan peserta didik dalam memahami materi, akan tetapi
seringkali diabaikan. Penyebab rendahnya minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran
pendidikan agama Islam, kurangnya penyampaian pendidik sehingga kurang kondusif.
Walaupun di lembaga sekolah tidak bernuansa Islami, akan tetapi di dalam kurikulumnya ada
mata pelajaran pendidikan agama Islam , dalam penyampaian materi pendidik kurang afektif
sehingga peserta didik menimbulkan rasa kurangnya minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap minat belajar di SDN Cihideung Udik 01 kelas VI
A. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa
nilai probabilitas variabel media audio visual lebih kecil dari 0,05 dan t hitung lebih besar dari t
tabel (15,208 > 2,048). Maka dapat disimpulkan bahwa (X1) media audio visual berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap (Y) minat belajar pada siswa SDN Cihideung Udik 01
Kelas VIA Kab Bogor. Nilai F hitung sebesar 231,272 dengan signifikansi 0,000. Karena
tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan F hitung lebih besar dari F tabel (231,272 > 4,20).
Maka H0 ditolak, sehingga dapat dikatakan bahwa media audio visual berpengaruh signifikan
terhadap minat belajar.
Kata Kunci: Media audio visual, Minat belajar, PAI