Abstak
Revi Khoeril Kholqillah 191105010299 “Implementasi Full Day School dalam
Pembentukan Karakter Religius dan Disiplin Siswa Kelas VII SMP Islam Terpadu
Al-Ittihad Ciampea Kabupaten Bogor” Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama
Islam. Universitas Ibn Khadlun Bogor. 2023. Skripsi
Karakter sangat berperan penting bagi siswa, salah satu upaya untuk
membentuk karakter siswa yang berkualitas adalah melalui full day school agar
pembentukan karakter tersebut dapat mencapai hasil. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mendeskripsikan implementasi full day school dalam pembentukan karakter
religius dan disiplin siswa serta mengetahui faktor apa saja yang menjadi
penghambat dalam pembentukan karakter religius dan disiplin. Metode dalam
penelitian ini berupa kualitatif dengan jenis pendekatan studi lapangan (Field
Research) dan penelitian ini dilakukan di kelas VII. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber data (gabungan observasi,
wawancara dan dokumentasi). Narasumber dan informan yang ada dalam penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru PAI, wali kelas VII dan peserta didik. Hasil
penelitian menyatakan bahwa full day school dapat membentuk nilai-nilai karakter
religius dan disiplin dengan metode pembiasaan dan keteladanan melalui program
penguatan pendidikan karakter di sekolah, mulai dari pengaturan jadwal yang intens
hingga kegiatan belajar mengajarnya yang bervariatif. Hal ini dapat terlihat dari
kegiatan proses belajar mengajar yang berjalan tertib, seperti kegiatan pembiasaan
islami. Sedangkan faktor penghambat adalah keluarga, lingkungan pergaulan, dan
sarana dan prasarana sekolah yang belum maksimal.
Kata kunci: Full day school; Karakter religius; Karakter disiplin