Abstak
Novia Alfany (211105010050).
Salah satu tujuan dari pembelajaran SKI di Madrasah Aliyah adalah pemberian pengetahuan
tentang sejarah Islam dan kebudayaan kepada peserta didik serta mengambil ibrah, nilai dan
makna yang terdapat dalam sejarah. Namun dalam praktiknya, pembelajaran sejarah sering kali
mengahadapi berbagai kendala, baik dari segi metode pembelajaran, keterlibatan siswa
maupun pemahaman materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Mind
Mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan
Islam di MAN 2 Kota Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif
dengan menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Desain
dengan menggunakan Pre-Test Post-Test Non-Equivalent Control Grup Desain yang terdiri
dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yang diberi perlakukan berbeda. Hasil
penelitian: 1) dengan menggunakan media Mind Mapping berpengaruh signifikan dalam
meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sejarah Kerajaan Islam di Pulau Jawa di MAN
2 Kota Bogor. Hal ini ditunjukkan dengan hasil Uji-t dengan hasil signifikansi yaitu sebesar
0,024. 2) efektivitas media Mind Mapping dibuktikkan dengan hasil N-Gain. Peningkatan yang
didapatkan pada kelas kontrol sebesar 54,97 dengan kategori kurang efektif. Sedangkan pada
kelas eksperimen sebesar 62,48 dengan kategori cukup efektif.
Kata Kunci: Mind Mapping, Media Pembelajaran, Hasil Belajar