Abstak
ABSTRAK
Fini Farrahatni NPM 181105050456. Pemanfaatan Pojok Baca Dalam
Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV SDN Semanan 04 Pagi. Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn
Khaldun Bogor. Skripsi.
Membaca merupakan proses yang dilakukan dan digunakan oleh seseorang
untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan penulis melalui media kata
kata atau bahasa tulis. Untuk mencapai keberhasilan membaca yang baik, salah
satunya adalah dengaan adanya minat, sebab tanpa minat segala sesuatu yang akan
dilakukan akan kurang efesien dan efektif, untuk menumbuhkan minat tersebut
pemerintah mengadakan Gerakan Literasi Sekolah, salah satu nya yaitu
menciptakan pojok baca. Peran pihak sekolah seperti, kepala sekolah dan guru
sangatlah dibutuhkan sebagai pembimbing peserta didik di pojok baca untuk
mengetgahui dan memahami pentingnya membaca buku, sehingga peserta didik
gemar membaca. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemanfaatan
pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa di SD. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi
lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN
Semanan 04 Pagi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam meningkatkan
minat baca siswa pojok baca dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk
menumbuhkan minat baca siswa. Dengan adanya pojok baca minat baca siswa
menjadi meningkat.
Kata Kunci: Pemanfaatan, Pojok baca, Minat baca