Abstak
Neng Tasi Nur Hamidah. 191105060510. 2023. Studi Komparasi
Tingkat Kematangan Religiusitas Pada Siswa SMP Islam Al
Mukhlishin dan MTs Al-Mukhlishin Ciseeng Bogor.
Pembimbing: Yono S.H.I. M.H.I & Noneng Siti Rosidah, S.Pd. MA.
Kematangan religiusitas merupakan kekuatan berpikir secara bijak dewasa dengan
mengacu kepada keyakinan agama dan ilmu pengetahuan, atau biasa diartikan juga
singkronisasi hati dan akal dalam berpikir. Melihat realitas yang pada siswa SMP
dan MTs. Problema ini juga dapat terjadi di mana pun, kapan pun dan terjadi pada
siapapun. Begitu pula pada siswa-siswi di SMP Islam Al-Mukhlishin dan MTs Al
Mukhlishin Ciseeng Bogor. Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian
komparasi, yaitu perbandingan. Penelitian komparasi yang menggunakan
pendekatan kuantitatif menekankan pada pengumpulan data kuantitatif yang
berasal dari lapangan secara langsung dan menggunakan data statistik untuk
memperjelas perbandingan tingkat kematangan religiusitas pada siswa SMP Islam
Al-Mukhlishin dan MTs Al-Mukhlishin, dengan demikian peneliti mengetahui
perbedaan tingkat kematangan religiusitas pada dua sekolah dengan jenis yang
berbeda tingkat kematangan religiusitas subjek keseluruhhan siswa SMP Islam Al
Mukhlishin yaitu 58 (35.2%) berada dalam kategori tinggi, 76 (46.1%) berada pada
kategori sedang dan 31 (18.8%) dalam kategori rendah. tingkat kematangan
religiusitas subjek keseluruhhan siswa MTs Al-Mukhlishin yaitu 21 (13.8%) berada
dalam kategori tinggi, 119 (78.3%) berada pada kategori sedang dan 12 (7.9%)
dalam kategori rendah. Tingkat kematangan religiusitas pada hasil uji hipotesis
penelitian, menggunakan t-test atau rumus perbandingan variabel bebas (Uji t)
menguji hipotesis komparatif dua sampel. disimpulkan bahwa adanya perbedaan
yang signifikan dengan nilai mean dari masing-masing sekolah, pada SMP Islam
Al-Mukhlishin nilainya 144.50 dimana lebih rendah dari pada MTs Al-Mukhlishin
140.91.
Kata Kunci: Kematangan Religiusitas Siswa