Abstak
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND
MAPPING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR IPA DAN AKTIVITAS SISWA KELAS V DI SD
ISLAM AL ADZKAR DEPOK
Azzam Sahrul Qudsi
NPM 201102031122
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model Mind Mapping dalam
upaya meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar Mind Mapping pada Mata
Pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
model spiral dari Kemmis dan McTaggart, dilaksanakan dengan tiga siklus, Pra
Penelitian, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Data dikumpulkan melalui
dokumentasi, observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunakan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatakan hasil
belajar siswa; Nilai rata-rata siswa meningkat dari Pra Penelitian (55) pada siklus I
(54,65), siklus II (75,55) dan siklus III (91,40). Aktivitas siswa dalam pembelajaran
juga meningkat di siklus I (60 %) di siklus II (75% ) dan di siklus III mencapai 85
%. Model pembelajaran Mind Mapping terbukti dapat meningkatkan hasil belajar
IPA siswa kelas V di SD Islam AL Adzkar.
Kata kunci: Mind Mapping, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar IPA