Abstak
Muhammad Irfan Fadillah
151104090225
Pembelajaran Aqidah Akhlak sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas
aqidah dan akhlak peserta didik. Akhlak yang karimah harus didasari dengan
aqidah yang lurus, dalam hal ini adalah tauhid. Saat anak mampu
menerapkan nilai-nilai tauhid dalam hidupnya, niscaya seluruh aspek
kehidupannya termasuk perilakunya pun akan baik. Untuk itu, penulis
tertarik untuk meneiliti pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap
Penerapan Nilai-nilai Tauhid dalam Kehidupan Siswa Kelas VIII di MTs
Negeri 3 Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan
pembelajaran Aqidah Akhlak dengan penerapan nilai-nilai tauhid dalam
kehidupan siswa kelas VIII di MTs Negeri 3 Bogor. Penelitian ini dilakukan
dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional.
Sedangkan untuk memperoleh data, teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Kemudian menganalisis
data menggunakan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil analisis data
yang dilakukan, diperoleh nilai rhitung sebesar 0,482. Pada interpretasi
sederhana, angka tersebut berada pada rentang 0,40-0,70 yang berarti antara
variabel X dan Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Kemudian
dengan menggunakan tabel signifikansi 5% diperoleh rtabel sebesar 0,254 dari
60 sampel. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho atau hipotesis nol
ditolak dan Ha diterima dikarenakan rhitung 0,482 > rtabel 0,254. Artinya
terdapat hubungan Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Penerapan Nilai
Nilai Tauhid dalam Kehidupan Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 3 Bogor.
Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Nilai-nilai Tauhid