Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Judul PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA FLASHCARD KELAS B DI PAUD ANNISA KEC. RANCABUNGUR KAB. BOGOR
Tahun 2019
Tanggal Input 03 Jul 2025, 10.31



Abstak

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK USIA DINI
MELALUI MEDIA FLASHCARD KELAS B DI PAUD ANNISA KEC.
RANCABUNGUR KAB. BOGOR
Oleh :
Tita Alfatiaga Irdianiza
NPM. 151101220908
ABSTRAK
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana peningkatan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui media
flashcard kelas B di PAUD ANNISA Kec. Rancabungur Kab. Bogor.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun teknik
yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan
menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subyek dalam
penelitian ini adalah 15 orang anak kelas B PAUD ANNISA dengan usia 5-6 tahun,
yang terdiri dari 10 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan model
spiral Kemmis dan Mc Taggart melalui 2 siklus yang tiap siklus terdiri 4 tahapan
yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator capaian penelitian
ini yaitu kemampuan membaca pada anak usia dini dapat meningkat dan
memperoleh rata-rata persentase lebih dari 80%.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
membaca pada anak usia dini yang dapat mencapai indikator yang telah ditentukan
yaitu perolehan rata-rata persentase lebih dari 80%. Pada saat melakukan tindakan
Siklus I, anak memiliki rata-rata persentase sebesar 43,89?ngan kriteria Mulai
Berkembang (MB). Dilakukan tindakan Siklus II rata-rata persentase kemampuan
membaca anak meningkat menjadi 84,44?lam kriteria Berkembang Sangat Baik
(BSB). Peningkatan kemampuan guru dalam merancang dan menggunakan media
flashcard sudah mulai berkembang. Langkah-langkah penelitian untuk
meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui media flashcard,
yaitu: 1) Guru merancang dan mempersiapkan media flashcard; 2) Guru
menggunakan media flashcard dalam proses pembelajaran dengan memperlihatkan
media kepada anak setinggi dada; 3) Anak memperhatikan dan mengikuti arahan
guru dalam menyebutkan huruf; 4) Anak menyebutkan kata dengan bantuan guru;
5) Mendampingi dan memotivasi anak apabila ada yang mengalami kesulitam.
Kata Kunci: Kemampuan membaca pada anak usia dini, media flashcard, anak
kelas B


Preview