Abstak
Junita Lestari Br Surbakti. 171104091130. Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak
Belajar Online selama Pandemi COVID-19: Studi Kasus SMA Negeri 10 Kota Bogor.
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor, 2021.
Skripsi.
Dunia saat ini dihebohkan dengan adanya virus Corona atau sering disebut COVID-19.
Berbagai lembaga ketenagakerjaan terkena dampak virus tersebut, terutama lembaga
pendidikan. Pemerintah menetapkan kebijakan dengan membatasi aktivitas warga; aktivitas luar rumah menjadi aktivitas di rumah masing-masing, begitu juga dengan kegiatan pembelajaran (yang dulunya adalah tatap muka namun berubah menjadi online). Orang tua dituntut lebih sigap dalam mendampingi anak belajar online karena dalam situasi seperti sekarang, guru tidak mengawasi proses pembelajaran secara langsung sehingga peran orangtua sangatlah dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara peran orang tua dengan belajar online anak di SMA Negeri 10 Kota Bogor.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Alternatif jawaban kuisioner atau angket menggunakan skala Likert. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reabilitas, homogenitas, dan normalitas. Setelah menghitung dengan corellation person diperoleh rxy sebesar -0,221 pada indeks 0,00-0,20 yang berarti terdapat korelasi yang lemah atau rendah antara variabel X dan variabel Y. Hipotesi nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, atau dengan kata lain terdapat hubungan yang lemah atau rendah dalam pembelajaran online antara orang tua dan anak di SMA Negeri 10 Kota Bogor. Penulis merekomendasikan agar orang tua selalu mendamping anaknya belajar online, memotivasi agar anak tidak jenuh serta men-support anak selalu
Kata Kunci: Peran orang tua, anak, belajar online