Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Program Studi PENDIDIKAN MASYARAKAT
Judul PENGARUH PELAKSANAAN TRAININGOFTRAINER TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA PELATIHAN DALAM MEMBUAT KONTEN EDUKASI MASALAH RAWAN SOSIAL PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MASYARAKAT FAKULTAS KEGURUAN ILMU
Tahun 2024
Tanggal Input 27 May 2025, 11.29



Abstak

Susilawati NPM 201102020428 (Skripsi) : “PENGARUH PELAKSANAAN TRAINING
OF TRAINER TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA PELATIHAN DALAM
MEMBUAT KONTEN EDUKASI MASALAH RAWAN SOSIALPADAMAHASISWA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MASYARAKAT FAKULTAS KEGURUAN ILMU
PENDIDIKANUNIVERSITASIBNKHALDUNBOGOR”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui "Pengaruh Pelaksanaan Training of Trainer
Terhadap Kemampuan Peserta Pelatihan Dalam Membuat Konten Edukasi masalah rawan
sosial Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Masyarakat FKIP UIKA Bogor", yang berjumlah
106 orang dan diambil menjadi responden penelitian sebanyak ini sejumlah 33 orang (35%).
Data dikumpulkan menggunakan alat pengolah data dengan observasi, angket dan studi
pustaka serta wawancara dan di analisis dengan uji t, nilai r tabel,koefisien determinasi
dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1). Peserta dilatih
untuk menyusun materi yang tidak hanya informatif tetapi juga disajikan dengan cara yang
menarik dan mudah dipahami 2). Pelaksanaan TOT (Training of Trainers) secara signifikan
meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat konten edukasi 3). Besarnya Pengaruh
Pelaksanaan Training of Trainer Terhadap Kemampuan Peserta Pelatihan Dalam Membuat
Konten Edukasi Masalah Rawan Sosial pada mahasiswa program studi pendidikan
masyarakat fakultas keguruan ilmu pendidikan universitas ibn khaldunbogor setelah
dilakukan uji keberartian koefisien korelasi (Uji r) yang memperoleh nilai sebesar 0,977
berada pada interval 0,80-1,00 dengan interprestasi sangat kuat, (Uji t) dengan hasil sebesar 25,592 dengan signifikasi ,0,000 kemudian koefisien determinasi sebesar 95,3% sedangkan sisa nya sebesar 4,7?n regresi linear sederhana diperoleh sebesar 95,3%.
Kata kunci: Pengaruh, training of trainer, konten edukasi, rawan sosial