Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Judul KETELADANAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TAHFIDZ SISWA KELAS 6 DI SDIT DARUL HIJRI DRAMAGA BOGOR
Tahun 2023
Tanggal Input 06 Aug 2025, 09.36



Abstak

Wapi Rukmawati 171104090115, “Keteladanan Orang Tua dalam Proses
Pembelajaran Tahfidz Siswa Kelas 6 Di Sdit Darul Hijri Dramaga Bogor”.
Pendidikan Agama Islam. Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor.
2023. Skripsi

Keluarga adalah lingkungan di mana anak pertama menemukan pendidikan. Maka
dari itu peran orang tua dalam pendidikan merupakan suatu tindakan langsung
untuk mengawasi, mengontrol, dan mengevaluasi setiap kegiatan anak. Supaya
pendidikan anak menjadi lebih baik, orang tua harus berperan sebagai tenaga
pendidik yang dapat memberikan contoh teladan bagi anaknya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya keteladanan orangtua dalam
mendukung program sekolah terutama dalam proses pembelajaran Tahfidz siswa
kelas 6 SDIT Darul Hijri Dramaga Bogor. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan
dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data
primer dan sekunder dengan menggunakan teknik berupa observasi, wawancara
dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa keteladanan
orang tua sangat penting bahkan ada orang tua yang mengikuti program Al-Quran
untuk mengikuti dan bisa mengontrol hapalan anak-anaknya dirumah. Bahkan ada
anak-anak yang mampu mencapai target hapalan 1 juz atau lebih pada umumnya
anak-anak peserta didik yang memiliki motivasi yang tinggi dan yang paling
penting anak-anak itu adalah anak-anak yang dibantu, dibimbing orang tuanya di
rumah. Akan tetapi ini tidak ditunjukkan oleh semua anak-anak yang menjadi
peserta didik di SDIT Darul Hijri Dramaga Bogor karena minimnya kemampuan
dan pemahaman orang tua terhadap Al-Quran, dan orang tua sibuk dalam pekerjaan.
Kata Kunci: Keteladanan, Orang Tua, Pembelajaran Tahfizh