Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BAAMBOOZLE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL HUDA 3 KOTA BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 28 Jul 2025, 14.38



Abstak

Ghina Aulia, NPM: 211105050055 “Pengaruh Media Pembelajaran
Baamboozle Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di MI
Nurul Huda 3 Kota Bogor”. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Agama Islam. Universitas Ibn Khaldun Bogor, 2025, Skripsi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran
Baamboozle terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di MI
Nurul Huda 3 Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan
desain penelitian quasi eksperimen, menggunakan dua kelompok yaitu kelas
eksperimen yang menggunakan media Baamboozle dan kelas kontrol yang tidak
menggunakannya. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur minat
belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan
minat belajar pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata
nilai posttest kelas eksperimen adalah 46,8 sedangkan kelas kontrol hanya 36,5.
Uji-t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima
dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media
pembelajaran Baamboozle berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat
belajar siswa dalam pembelajaran Matematika.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Baamboozle, Minat Belajar Matematika