Abstak
                                            
                                                 ABSTRAK 
Rahma Khaerunnisa 
NPM: 201105051252. 
Pengaruh Media Pembelajara Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada 
Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SDN Cilendek 4 Kota Bogor 
Kecamatan Bogor Barat 
Dengan kemajuan teknologi saat ini, pendidik perlu lebih kreatif dalam 
mengajar agar proses pembelajaran lebih efektif. Media pembelajaran 
merupakan komponen yang memegang peranan sangat penting dalam 
menunjukan keberhasilan pembelajaran, Guru harus menawarkan 
pembelajaran yang penuh kreativitas agar siswa tertarik dan mau mengikuti 
proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui pengaruh 
penggunaan media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran 
IPAS kelas V SDN Cilendek 4. Metode penelitian menggunakan pendekatan 
kuantitatif dengan menggunakan metode Pre- eksperimental desain One 
group pretest posttest. Berdasarkanhasil pretest rata-rata siswa memperoleh 
nilai sebesar 57,5 sesudah melakukantreatment metode pembelajaran 
wordwall siswa mengerjakan post-test dan berdasarkanhasil post test rata-rata 
siswa memperoleh nilai sebesar 71,9. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 
terdapat hubungan positif antara metode pembelajaran wordwall terhadap 
hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Dengan perhitungan uji 
normalitas0,200 > 0,005 maka nilai residual berdistribusi normal. Maka Ho 
ditolak dan data atau sampel berdistribusi normal. Berdasarkan uji 
homogenitas nilai signifikansi 0,154 
> 0,05 maka Ho diterima sehingga dapat dilihat bahwa antara kedua variabel 
memiliki varian yang sama atau homogen. Pada penelitian ini bahwa metode 
pembelajaran wordwall memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada 
mata pembelajaran IPAS kelas V SDN Cilendek 4 Kota Bogor Kecamatan 
Bogor Barat. 
Kata Kunci : Metode Pembelajaran Wordwall, Hasil Belajar