Back


Detail Data

Fakultas FAKULTAS AGAMA ISLAM
Program Studi PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Judul PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS III SDIT QURRATA AINI BAITUSSALAM BOGOR
Tahun 2025
Tanggal Input 01 Aug 2025, 10.04



Abstak

Fitria Erlinda Panatari Rahman 211105051311.

Pembelajaran yang baik dilihat dari suasana kelas serta interaksi antara peserta
didik dan guru. Penggunaan media pembelajaran yang konvensional dan tidak bervariasi
dapat menyebabkan peserta didik tidak bersemangat dan akan berpengaruh terhadap hasil
belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara
penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar PPKn kelas III. Metode
penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental) dengan desain
penelitian Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling dengan jumlah 64 peserta didik SDIT Qurrata Aini Baitussalam tahun
ajaran 2024/2025, yaitu 32 peserta didik kelas III Taqwa sebagai kelas eksperimen dan 32
peserta didik kelas III Sholih sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan
soal tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman suku di
masyarakat pada pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan
hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah melakukan pembelajaran menggunakan
media wordwall pada kelas eksperimen dengan hasil belajar berdasarkan rata-rata nilai
posttest peserta didik kelas eksperimen sebesar 83,00 sedangkan kelas kontrol sebesar
76,25. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05,
yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang
menggunakan media Wordwall dengan yang menggunakan metode konvensional. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa media Wordwall berpengaruh signifikan terhadap
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Wordwall