Abstak
                                            
                                                 Fitria Erlinda Panatari Rahman 211105051311.
Pembelajaran yang baik dilihat dari suasana kelas serta interaksi antara peserta 
didik dan guru. Penggunaan media pembelajaran yang konvensional dan tidak bervariasi 
dapat menyebabkan peserta didik tidak bersemangat dan akan berpengaruh terhadap hasil 
belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara 
penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar PPKn kelas III. Metode 
penelitian ini yaitu metode kuasi eksperimen (Quasi Eksperimental) dengan desain 
penelitian Nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik 
purposive sampling dengan jumlah 64 peserta didik SDIT Qurrata Aini Baitussalam tahun 
ajaran 2024/2025, yaitu 32 peserta didik kelas III Taqwa sebagai kelas eksperimen dan 32 
peserta didik kelas III Sholih sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan 
soal tes untuk mengukur hasil belajar peserta didik pada materi keberagaman suku di 
masyarakat pada pelajaran PPKn. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan 
hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah melakukan pembelajaran menggunakan 
media wordwall pada kelas eksperimen dengan hasil belajar berdasarkan rata-rata nilai 
posttest peserta didik kelas eksperimen sebesar 83,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 
76,25. Hasil uji statistik menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, 
yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang 
menggunakan media Wordwall dengan yang menggunakan metode konvensional. Dengan 
demikian, dapat disimpulkan bahwa media Wordwall berpengaruh signifikan terhadap 
peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn. 
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Wordwall