Abstak
Khairun Nazwa NPM: 201105050152
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari model pembelajaran Team Assisted
Individualization dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai Ukhuwah Islamiyah.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan quasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukan Uji normalitas menggunakan uji
Kolmogorov smirnov pada nilai Pre-test dan Post-test di kelas eksperimen dan kontrol
mendapatkan hasil yang signifikan yang dapat dilihat dari df=16 pada kelas kontrol dan
eksperimen, pengambilan keputusan apabila sig lebih besar dari 0,05 maka dapat dinyatakan
bahwa data yang didapatkan pada kelas kontrol dan eksperimen termasuk dalam kategori
normal. Metode Test of Homogeneity of Variances untuk menguji homogenitas menunjukan
bahwa nilai signifikansi adalah 0,138 > 0,05 . Berdasarkan analisis, dapat disimpulkan bahwa
variansi data Post-test kelas eksperimen dan control adalah homogen. Uji hipotesi berdasarkan
perhitungan menggunakan uji independent sample t-test, nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang
diperoleh adalah 0.001< 0.05 Hal ini mengindikasikan bahwa hipotesis yang diajukan dapat
diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata yang
signifikan dalam pemahaman nilai Ukhuwah Islamiyah pada mata pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) antara siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adanya perbedaan
yang signifikan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Assisted
Individualization (TAI) memberikan pengaruh terhadap pemahaman nilai Ukhuwah Islamiyah
siswa dalam pembelajaran PKn. Model pembelajaran masih belum diterapkan secara bervariasi.
Dengan demikian, perlunya kegiatan pelatihan bagi guru agar dapat mendukung kegiatan
pembelajaran dengan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan agar tujuan
pembelajaran dapat tercapai
Kata Kunci: Pemahaman siswa, Team Assisted Individualization, Ukhuwah Islamiyah.