Abstak
Muhammad Noor Fadhiilah
191105030119
Komunikasi dalam dunia pendidikan dan pembelajaran merupakan suatu unsur yang
sangat penting dan memiliki peran yang besar untuk keberhasilan dalam proses
kegiatan belajar mengajar didalam kelas. Peran komunikasi antara guru dengan
siswa di pesantren, komunikasi tersebut juga harus menggunakan penggunaan
Bahasa yang jelas. Pembentukan karakter dipondok pesantren melalui lingkungan
yang baik dan konsisten memegang peran penting dalam membentuk karakter santri
yang baik untuk masa depan. Adapun 1). Untuk mengetahui strategi komunikasi
dalam pembinaan karakter pada santri Pondok Pesantren Miftahul-Huda Bogor. 2).
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembinaan
karakter santri Pondok Pesantren Miftahul-Huda Bogor. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yang dipakai
adalah teknik wawancara secara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis
dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan,
dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan pertama bahwa strategi komunikasi
dalam pembinaan karakter santri terlihat dari program-program khusus (Tahsin dan
tahfidz, Kajian Kitab Kuning dan Bahasa Asing). Kedua fakto-faktor pendukung
yaitu: Sarana prasarana dan Menejemen pendidikan Pondok Pesantren Miftahul
Huda Bogor. Faktor penghambat pelaksanaan pembinaan karakter santri melalui
strategi komunikasi yaitu: latar belakang santri, latar belakang pendidikan santri dan
Kemampuan santri dalam memahami pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul
Huda Bogor.
Kata kunci: Strategi, Komunikasi, Karakter